Agrowisata di Pegunungan Berastagi, Sumut, yang Dingin Alami, Pas Buat Bulan Madu Pengantin Baru

Agro wisata (wisata kawasan penghasil sayuran dan buah-buahan) di kawasan Berastagi, Sumatera Utara, dikenal sebagai daerah dengan iklim yang sejuk dengan udara khas hembusan udara pegunungan.

Kawasan tersebut memang berada di kaki Gunung Sibayak. Udaranya yang dingin alami, pas buat liburan para pengantin baru untuk berbulan madu. Kalau ingin berwisata ke tempat yang dingin dan belum terlalu terjamah polusi serta padatnya penduduk, inilah tempatnya.

Penduduk di kawasan tersebut tidak terlalu padat, karena daerah tersebut masih melestarikan kawasan hutan, kebun, dan sawah. Hingga rumah-rumah masih jarang-jarang.
Berastagi adalah sebuah kecamatan di Tanah Karo, terkenal dengan hasil bumi, seperti sayur dan buah.

Ada kebun jeruk, stroberry, tomat, cabai, lobak, dan sayur-sayuran lainnya yang akan anda temukan di sepanjang jalan yang bisa anda beli dengan memetiknya langsung sendiri. Jika ingin membeli dan memetik sendiri, pengunjung cukup membayarkan buah yang dipetik untuk dibawa pulang.
Sedangkan buah yang dimakan di lokasi tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Pemilik kebun, Barus, memasang harga Rp 30 ribu hingga 50 ribu perkilonya jeruk yang akan dibawa pulang.Tapi buah jeruk yang dimakan di lokasi kebun tidak perlu dibayar, sehingga pengunjung bisa memakannya sepuasnya. "Begitu pula buah Stroberry yang dibandrol Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu untuk 1/4 kilogram atau 2,5 ons," katanya.
Ukiran Gambar Buah dan Sayur di Tembok Terkenal dengan hasil bumi berupa sayur dan buah, menuju Kota Berastagi, anda akan melihat ukiran lukisan buah-buah dan sayur di tembok-tembok pembatas trotoar dan lahan.

Di tembok tersebut ada ukiran berbentuk wartel, lobak, tomat dan sayur-sayuran lainnya. Ada juga ukiran buah jeruk dan stroberry.
Suasana alam yang segar dan sejuk juga akan anda temukan di Berastagi. Anda akan menjumpai hamparan pepohonan seperti pohon pinus, kebun, sawah, serta rumput hijau di bukit-bukit.

Inilah sebabnya mengapa kawasan ini menjadi destinasi favorit wisata keluarga. Kawasan Berastagi ramai dikunjungi kalangan penikmat perjalanan, baik dari Medan, daerah lainnya di Sumatera Utara, wisatawan domestik, hingga kalangan mancanegara.

Kawasan wisata Berastagi ini tidak jauh berbeda dengan kawasan wisata Puncak Bogor di Jawa Barat, wisata Kaliurang di Jogja, atau wisata Batu Malang di Jawa Timur. Sehingga wisatawan yang suka udara dingin, akan tertatik melancong ke kawasan Berastagi yang terkenal cukup dingin ini. Daerah wisata Berastagi secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

Topografi wilayahnya mencerminkan daerah yang terletak di deretan Pegunungan Bukit Barisan, berketinggian sekitar 1.300 meter dpl dan diapit oleh dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Barus, penduduk, menuturkan Berastagi sejak lama dikenal sebagai tempat penghasil sayur dan buah paling produktif di Sumatera Utara.
"Sejak zaman Belanda, Berastagi sudah menjadi sebuah pusat perkebunan dan berlangsung hingga sekarang," katanya. (tribunmedan)

Bagi di Google Plus

Tentang Perkeleng Ginting

Berita Seputar Karo dan Tanah Karo "Mari bergabung dengan kami " untuk kemajuan bersama.
    Komentar lewat Blogger
    Komentar lewat Facebook

0 comments:

Post a Comment