Deleng Sibuaten – Gunung Unik dan Tertinggi di Sumatera Utara

Gunung Sibuaten dapat menjadi referensi terbaik bagi kamu yang ingin mendaki gunung dengan ketinggian diatas 2000 mdpl. Sumatera Utara memang dikenal lewat Danau Toba nya, namun selain itu masih banyak destinasi-destinasi wisata alam lainnya.

Salah satunya adalah gunung Sibuaten ini, yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara dan memiliki pemandangan luar biasa saat mendakinya. Gunung ini memang kurang populer dibandingkan dengan gunung Sinabung atau gunung Sibayak, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu salah satunya adalah karena minimnya informasi mengenai lokasi maupun keunikannya. Gunung ini berada di kawasan Danau Toba, jadi kamu bisa melakukan double journey dengan mengunjungi gunung Sibuaten dan Danau Toba.

Gunung eksotis ini terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan memiliki ketinggian 2457 mdpl. Gunung ini masih berada di dataran tinggi Bukit Barisan, dan dikenal karena ekosistem alamnya yang masih terjaga. Namun dewasa ini gunung Sibuaten sering menjadi ladang eksploitasi bagi beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengeruk kekayaan alamnya seperti barang tambang dan pepohonan. Gunung yang bagi masyarakat lokal sering disebut Deleng Sibuaten ini memiliki beberapa puncak tipuan, yang berarti pendaki harus memiliki informasi menyeluruh akan gunung eksotis ini. Jalur pendakian di gunung Sibuaten secara keseluruhan adalah hutan belantara, jadi bagi kamu yang ingin mendaki gunung Sibuaten pastikan kamu memiliki mental baja.

Gunung Sibuaten merupakan gunung ekstrem, dimana di sepanjang perjalanan pendakian, pendaki akan menemukan jalanan lembab dan licin. Selain itu curah hujan di gunung Sibuaten juga sangat tinggi yaitu 2000 mm pertahunnya. Jadi bagi kamu yang ingin mendaki gunung ekstrem ini, pastikan kondisi fisik harus dalam keadaan maksimal. Di beberapa spot pendakian, terdapat jalanan yang sangat curam bahkan hampir 80% kemiringan. Selain itu disepanjang jalur pendakian, permukaan tanah hampir tidak ada yang flat melainkan berundak-undak dan dipenuhi batu cadas. Daya tahan fisik dari climber sangat diperlukan jika ingin mendaki gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Jalur Pendakian Gunung Sibuaten

Jalur pendakian bisa dimulai lewat pos registrasi untuk melakukan administrasi. Kamu juga bisa menanyakan berbagai informasi mengenai jalur pendakian ke petugas yang berjaga. Bagi pendaki pemula sangat direkomendasikan untuk menyewa pemandu karena trek yang akan dihadapi lumayan ekstrem. Untuk biaya registrasi sebesar Rp.10.000/orang dan Rp.10.000 untuk biaya parkir. Karena treknya yang ekstrem, tidak diperbolehkan mendaki pada malam hari, pendakian dimulai pada pagi tepat jam 6 hingga menuju puncak berkisar 6-8 jam. Bagi pendaki expert, pendakian menuju puncak bisa dilakukan hanya dengan rentang waktu 6 jam.

Starting point juga bisa dilakukan di Pintu Rimba, dan pendaki akan melewati 5 shelter hingga mencapai puncak. Perjalanan dari Pintu Rimba ini dimulai dengan pepohonan karet dengan jalanan mendatar, lalu di shelter 1 menuju shelter 2 medan pendakian mulai terlihat keekstremannya, terdapat akar-akar besar yang akan menyertai perjalanan pendaki. Menuju shelter 3 jalur pendakian mulai memiring ekstrem dan terdapat beberapa turunan. Scene menuju shelter 3 sangat indah dengan pepohonan menjulang tinggi, selain itu pendaki bisa menemukan banyak kantong semar yang sangat cantik. Perjalanan dari shelter 3 menuju shelter 4 memakan waktu 2-3 jam.


Setelah itu pendaki akan melalui trek paling ekstrem di gunung Sibuaten, jalur dari shelter 4 menuju shelter 5 merupakan trek yang sangat ekstrem. Pendaki hampir tidak bisa berpegangan tangan disekitar area pendakian karena terdapat tanaman pandan yang memiliki duri-duri. Perjalanan dari shelter 4 ke shelter 5 tidak terlalu jauh namun karena halangan duri-duri tersebut, perjalanan jadi serasa lama. Bila bukan musim penghujan, jarak antara shelter 4 ke shelter 5 tidak terlalu jauh dan pendaki bisa melihat dari jauh shelter terakhir yang ditandai dengan berbagai tanaman perdu. Hanya sekitar 20 menit, pendaki bisa mencapai shelter 5 atau meneruskan ke puncak gunung Sibuaten. Panorama alam di puncak gunung Sibuaten sangat fenomenal, pendaki bisa melihat sunset dan juga siluet Danau Toba yang melegenda.

sumber: http://www.exploregunung.com/gunung-sibuaten-gunung-unik-dan-tertinggi-di-sumatera-utara/
Bagi di Google Plus

Tentang Perkeleng Ginting

Berita Seputar Karo dan Tanah Karo "Mari bergabung dengan kami " untuk kemajuan bersama.
    Komentar lewat Blogger
    Komentar lewat Facebook

0 comments:

Post a Comment