Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, S.IK , Usir Puluhan Wartawan Terkait Unjuk Rasa Pengungsi Sinabung

Kapolres Kabupaten Karo AKBP Pangasian Sitio, S.IK mengangkangi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Kebebasan Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini terjadi saat puluhan wartawan yang hendak meliput aksi demo diusir oleh Kapolres Kabupaten Karo, Senin, 13 Juni 2016. Aksi demo ribuan warga yang berkumpul berjam-jam di depan gerbang Kantor Bupati, namun tidak ada respon dari Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, untuk menemui para pengunjuk rasa, maka dengan kesalnya ribuan demonstran dari empat desa tersebut berteriak “Bupati Pembohong, Bupati Pembohong, mana janjimu Bupati, kenapa kami tidak diperhatikan, kami juga Masyarakat Karo yang jadi pengungsi erupsi Gunung Sinabung”.

Akhirnya Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH menerima perwakilan dari empat desa tersebut untuk berdialog di ruangan rapat Kantor Bupati. Namun sayang seluruh wartawan yang ingin meliput pembicaraan Bupati dengan perwakilan empat desa diusir Kapolres Karo AKBP Pangasian Sitio, S.IK sehingga hasil dari pembicaraan tidak dapat dipublikasikan.

“Wartawan keluar semua, jangan ada yang di dalam, semuanya keluar,” kata Kapolres Karo AKBP Pangasian Sitio, S.IK dengan mimik tidak bersahabat kepada semua wartawan yang hendak meliput berita di ruang rapat Kantor Bupati Karo.

Orasi masyarakat empat desa tersebut, Senin (13/06/2016) dimulai pukul 10.00 Wib hingga pukul 13.45 Wib tersebut akhirnya bubar dengan damai setelah Bupati Karo menemui para demonstran di depan gerbang Kantor Bupati dan berjanji akan segera merealisasikan tuntutan masyarakat sesuai juknis yang telah ditandatangani.

Terkait diusirnya para awak media untuk meliput pembicaraan perwakilan empat desa oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Pangasian Sitio, S.IK, puluhan wartawan dari berbagai media melakukan rapat dadakan untuk membahas pengangkangan UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers yang dilakukan oleh Kapolres Tanah Karo. Puluhan wartawan membuat surat pernyataan keberatan yang akan ditembuskan ke Kapoldasu dan Dewan Pers atas pengusiran Kapolres Karo terhadap wartawan yang hendak meliput di Kantor Bupati Karo. (pwrinewsonline.com )

http://www.pwrinewsonline.com/kapolres-tanah-karo-akbp-pangasian-sitio-sik-usir-puluhan-wartawan-terkait-unjuk-rasa-pengungsi-sinabung/
Bagi di Google Plus

Tentang Perkeleng Ginting

Berita Seputar Karo dan Tanah Karo "Mari bergabung dengan kami " untuk kemajuan bersama.
    Komentar lewat Blogger
    Komentar lewat Facebook

0 comments:

Post a Comment