Moderamen GBKP Adakan Pelatihan Pertanian Kerjasama dengan Test Farm, Berastagi

Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) adakan pelatihan di Test Farm Berastagi, kerja sama dengan Farm PT Bisi International, Tbk di Jalan Udara Ujung No.81 Berastagi, Jumat- Sabtu, (10-11/6) diikuti utusan 11 Majelis Klasis.

Hal ini disampaikan Kabid Dana dan Usaha GBKP Dk Kristiani br Ginting kepada SIB, Sabtu (11/6) di Berastagi. Secara rinci disampaikan bahwa kegiatan pelatihan tersebut diikuti utusan 11 Klasis. Pelatihan hari pertama, Jumat (10/6) diikuti Klasis Kabanjahe Sukaramai, Kabanjahe-Katipat, Dairi, Sinabun dan Munte,
sementara Sabtu (11/6) diikuti 5 Klasis yaitu Klasis Kabanjahe, Berastagi, Sibolangit, Lau Baleng dan Tiga Binanga beserta undangan dari unit usaha GBKP, Kepala Desa Semangat dan Camat Merdeka dengan total peserta 250 orang.        

Kebaktian pembuka yang disampaikan Sekretaris Umum Moderamen GBKP, Pdt.Rehpelita Ginting, STh M.Min yang dikutip dari Matius 25:14-30 tentang talenta. Dikatakan bahwa Tuhan telah memberikan talenta kepada setiap manusia. Talenta itu merupakan keahlian seseorang yang harus dipakai untuk bekerja. Talenta itu harus dipergunakan untuk kesejahteraan semua orang,  itu yang perlu terus dilakukan, katanya.

 Pihak pimpinan Farm PT Bisi International Tbk,  Ir Alam Sembiring selaku GM Area Sumbagut (Sumut, Aceh, Riau dan Sumbar), menjelaskan ada 3 fungsi di tempatkannya Farm Berastagi tersebut adalah untuk uji adaptasi lokasi benih sebelum dilepas ke pasaran, kedua untuk memproduksi beberapa varietas tanaman dataran tinggi, ketiga melakukan pendidikan dan pelatihan untuk para petani seperti Karo, Dairi, Simalungun Atas dan Gayo Lues.

Pada kesempatan itu pihak Farm berharap kepada petani dalam hal advice atau konsultasi masalah pertanian bisa langsung datang ke Farm Berastagi untuk bertanya seputar masalah pertanian, kiranya bisa saling berbagi pengalaman.

 "Pelatihan selama 2 hari ini, pihak Farm Berastagi mengharapkan agar para petani bisa memanfatkan waktu untuk menambah pengetahuan, sehingga benar-benar bisa diaplikasikan di lapangan demi meningkatkan ekonomi jemaat," ujar Alam.

Sementara Kabid Dana dan Usaha GBKP juga menjelaskan sasaran Bidang Dana dan Usaha untuk 5 tahun ke depan. Di samping peningkatan kontribusi ke kas umum dari semua unit usaha GBKP, termasuk untuk meningkatkan ekonomi jemaat. Seperti yang disampaikan Ketua Moderamen Pdt.Agustinus Purba, STh, MA pada pembukaan pelatihan tersebut bahwa kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan pemahaman jemaat tentang budidaya tanaman. Pada kesempatan itu juga Moderamen GBKP  menyambut baik  dan memberikan apresiasi kepada pihak Farm Berastagi yang sudah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Sebelum cara pelatihan, seluruh peserta langsung meninjau lapangan untuk melihat tanaman di Farm Berastagi, kemudian dilanjutkan pelatihan tanaman cabe dan tomat oleh Wilson P Silitonga, SP (RD Farm) dan tanaman jeruk oleh Sadly Irawan, SP (Marketing Development Pesticide Sumbagut). (hariansib)
Bagi di Google Plus

Tentang Perkeleng Ginting

Berita Seputar Karo dan Tanah Karo "Mari bergabung dengan kami " untuk kemajuan bersama.
    Komentar lewat Blogger
    Komentar lewat Facebook

0 comments:

Post a Comment